~::Selamat datang di sedikitcara.blogspot.com tempat belajar bersama untuk para newbie::~

Monday, August 15, 2016

Objek wisata alam gunung tompo mas banjarnegara

Assala'mualaikum Wr. Wb.


Sobat sedang mencari objek / lokasi wisata alam yang bagus ?
tapi males kalau lokasinya jauh dari jalan dan harus jalan kaki ? ?



tenang saja sobat, karena admin mau share objek wisata yang memiliki pemandangan alam yang bagus dan tempatnya mudah dijangkau.

objek wisata itu bernama gunung tompo mas yang berada di Banjarnegara.
Sobat jangan berfikir naik gunung harus jalan berkilo-kilo meter, mendaki bukit yang terjal...
tenang saja sob, meskipun namanya gunung, tapi objek wisata yang satu ini bukan gunung beneran, menurut admin si lebih pantes disebut bukit.

Alasan kenapa admin merekomendasikan dan share objek wisata ini adalah karena admin orang banjarnegara dan ingin ikut membagikan objek wisata yang ada di banjarnegara, tetapi kebanyakan tentang dataran tinggi dieng , arum jeram , air terjun . nah dari situlah saya mulai berfikir untuk mencari objek wisata yang belum banyak di postingkan oleh orang lain dan saya ingat dulu pernah ke objek wisata gunung tompo mas saat masih smk, sekitar 1 setengah tahun yang lalu.

Sejarah gunung tompo mas
Dahulu bukit tompo mas adalah bukit utuh seperti layaknya bukit biasa, dan bukit itu sebenarnya adalah bukit batu alam yang alami.  Sebelum adanya Waduk Panglima Besar Jendral Sudirman atau yang lebih sering disebut warga banjarnegara dengan sebutan Waduk Mrican ( Mrica ) atau pun sebelum adanya rencana pembangunan waduk tersebut ada legenda yang terdengar sangat aneh dan mustahil, yaitu legenda kelak kalau bukit tompo mas roboh / longsor, maka longsornya akan jatuh dan membendung sungai Serayu.

Bagaimana tidak aneh dan mustahil, jelas kalau jarak antara bukit tompo mas sangat jauh sekitar 5 km.
tetapi pada sekitar tahun 1980 an terdengar kabar kalau pemerintah akan membangun bendungan di Sungai serayu untuk keperluan irigasi dan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Para insinyur dan Para ahli datang untuk merancang bendungan tersebut, dan juga untuk mencari sumber lokasi batu yang sekiranya bisa mencukupi untuk membendung sungai Serayu tersebut.
Para ahli tersebut meneliti bukit tompomas dari segi kekuatan batu, volume / jumlah batu semuanya memenuhi syarat untuk dijadikan sumber batu buat membendung sungai Serayu.

Awal mula pembuatan waduk tersebut dibuat jalan dari bukit tompo mas menuju sungai Serayu untuk lewat mobil besar pengangkut batu.  Bukit tompo mas diledakkan dengan dinamit untuk mengambil batunya. Suara ledakannya terdengar hingga puluhan kilometer. Truk besar lalu lalang siang malam untuk membawa batu.
Singkat cerita bendungan tersebut selesai tahun 1987 dan di resmikan oleh bapak Suharto.  Ternyata cerita yang terdengar mustahil menjadi kenyataan.  Bukit tompo mas ambruk dan batunya jatuh ke sungai Serayu untuk membendung sungai tersebut.




Lokasi gunung tompo mas itu sendiri ada di desa Masaran kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa tengah indonesia.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh gunung / bukit tompo mas

Dinding / tebing batu alam

Kolam air

Pemandangan pegunungan yang sangat indah disisi selatan









Sekian yang dapat admin share, jangan lupa untuk datang ke objek wisata gunung tompo mas. Semoga bisa bermanfaat buat sobat semua

Wassalamualaikum Wr. Wb.


1 comment:

  1. .::Sedikitcara::.: Objek Wisata Alam Gunung Tompo Mas Banjarnegara >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    .::Sedikitcara::.: Objek Wisata Alam Gunung Tompo Mas Banjarnegara >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    .::Sedikitcara::.: Objek Wisata Alam Gunung Tompo Mas Banjarnegara >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK DA

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak...
Karena tulisanmu adalah harimaumu...